Lomba
Trending

2 Nama Anak Unik Tersirat Doa dan Harapan Orang Tua

The Asian Parent Indonesia

Nama Anak Unik Tersirat Doa dan Harapan Orang Tua | “Harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga.” Kalimat tersebut merupakan penggalan lirik sebuah lagu tahun 90an yang menjadi OST Keluarga Cemara. Tidak dapat kita pungkiri bahwasannya hal utama yang dapat membuat kita bahagia adalah saat kita memiliki keluarga, saat kita menjadi bagian dari keluarga dan saat kita berada di dalam keluarga.

Menikah merupakan salah satu bentuk ibadah dan karunia terbesar setelah menikah adalah mendapatkan buah hati yang akan menyempurnakan kehidupan berumah tangga. Tidak sedikit orang tua dari pasangan suami istri ingin sekali menimang cucu yang didamba-dambakan.

Di era modern saat ini, peran orang tua yang berdomisili di kota ataupun di pedesaan tidak jauh berbeda. Masing–masing memiliki peran yang besar untuk mendidik dan mengarahkan buah hati mereka menjadi manusia yang baik dan berakhlakul kharimah. Salah satu doa atau harapan orang tua kepada anaknya melalui pemberian Nama Anak Unik.

Sebagai orang tua tentu berharap dan berkeinginan memberikan nama anak yang terbaik. Nama anak merupakan doa atau harapan yang ditujukan untuk buah hatinya. Orang tua berusaha memberikan nama anak yang lain daripada yang lain, sehingga tidak jarang mereka memberikan anak-anak yang unik.

Termasuk dengan Penulis yang telah menikah tahun 2014 dan alhamdulillah hingga saat ini telah dikarunia dua orang anak. Anak pertama seorang perempuan yang lahir bulan November 2014. Anak kedua seorang laki–laki yang lahir bulan April 2019. Dalam tulisan ini, Penulis akan berbagi cerita dibalik Pemberian Nama Anak Unik.

Dalam QS. Al Furqon ayat 74 berbunyi “Robbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun, waj’alna lilmuttaqina imamaa.” Ayat tersebut memiliki arti berbunyi “Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Ayat di atas sering kali dilafazkan orang tua setiap kali berdoa agar anak dan keturunan menjadi anak yang sholeh, baik dan senantiasa mendapat berkah, juga selamat dari berbagai bahaya dan keburukan. Ayat inilah yang menjadi inspirasi untuk Penulis (seorang guru Kimia SMA) dalam memberikan nama anak, baik anak pertama ataupun anak kedua.

nama anak unik doa orang tua

Nama Anak Unik yang Pertama

Athira Aikin Qurrota A’yun adalah nama anak pertama berjenis kelamin perempuan. Anak pertama tentu menjadi anak yang dinantikan dan didambakan pasca menikah. Anak perempuan ini memiliki fisik mendekati ayahnya, baik dari raut wajahnya hingga warna kulit yang dimiliki. Nama anak perempuan tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Athira diambil dari bahasa arab yang artinya harum.

Aikin diambil dari nama seorang kimiawan, mineralog dan penulis ilmiah berkebangsaan Inggris. Nama ini diberikan agar sang anak kelak menjadi seseorang ahli sains atau minimal mengikuti jejak orang tua yang berkecimpung di dunia Pendidikan. Nama ini masih asing di masyarakat Indonesia sehingga bisa disebut nama anak unik.

Qurrota A’yun diambil dari ayat di atas, QS. Al Furqon ayat 74. Arti dari Qurrota A’yun adalah penyejuk mata. Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu berkata, “Qurrota a’yun maksudnya adalah keturunan yang mengerjakan ketaatan, sehingga dengan ketaatannya itu membahagian orang tuanya di dunia dan akhirat.

Nama Anak Unik yang Kedua

Athallah Aikin Muttaqina Imama adalah nama anak kedua berjenis kelamin laki-laki. Dengan lahirnya anak kedua ini, lengkap sudah keinginan Penulis sebagai orang tua memiliki anak yang berbeda jenis kelamin. Secara fisik, anak laki-laki ini mengikuti ibunya. Nama anak laki-laki ini memiliki arti sebagai berikut:

Athallah berasal dari bahasa arab yang bermakna karunia Alloh. Sebagian orang mengartikan bahwa nama Athallah tergolong percaya diri. Ia cenderung memimpin dengan berwibawa dan selalu mencari petualangan. Ia sangat tertarik dengan kehidupan dan memiliki sifat mandiri. Orang ini juga bicara apa adanya dan tertarik secara fisik pada orang lain.

Sama seperti kakaknya, anak kedua ini diberikan nama Aikin, nama seorang kimiawan, mineralog dan penulis ilmiah berkebangsaan Inggris.

Muttaqina Imama adalah kelanjutan dari nama kakaknya yang diambil dari QS. Al Furqon ayat 74. Nama Muttaqina Imama artinya imam atau pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa. Sehingga nama ini juga berkaitan erat dengan arti dari nama depannya, Athallah.

Demikian tadi sejarah, doa atau harapan dari nama kedua anak Penulis. Nama tersebut dapat menjadi inspirasi bagi orang tua yang masih bingung untuk memberikan nama bayi laki-laki, nama bayi perempuan, atau mencari nama unik anak.

Sebagai orang tua tentu saja memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap investasi masa depan seorang anak. Melalui pemberian nama ini menjadi awal untuk mendidik dan mengarahkan anak-anak dalam menjalani kehidupan. Orang tua menyadari perannya dengan baik maka menanam kebaikan pada seorang anak akan terbiasa dilakukan. Semoga kelak anak-anak kita dapat membahagiakan kita dan mengharumkan orang tuanya di dunia dan akhirat. Aamiin

#theAsianparentindonesia #TAPLombaCeritaParents

Klik, baca selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Anda pengguna Adblock

Untuk menikmati konten KEMENDIKBUD, mohon aplikasi Adblock browser Anda dinonaktifkan. Terima kasih.